Selasa, 11 Juni 2013

Ujian Keahlian Pelaut



1.       a. Apa yang dimaksud dengan ZEE dan Landas Kontinen ?
Jawab      : Zona Ekonomi Eksklusif adalah wilayah perairan yang mulai dari garis dasar pantai terluar sampai 200 mil ke laut lepas. Pada zona ekonomi eksklusif sebuah negara berhak mengklaim hasil alamyang terdapat di dalamnya.
                Landas Kontinen Landas ialah dasar laut yang secara geologis maupun morfologi merupakan lanjutan dari sebuah kontinen (benua)batas landas kontinen tersebut diukur dari garis dasar, yaitu paling jauh 200 mil laut. Jika ada dua negara atau lebih menguasai lautan di atas landasan kontinen, maka batas negara tersebut ditarik sama jauh dari garis dasar masing-masing negara.
b.Apa pula perbedaan antara ZEE dan Landas Kontinen?
Jawab    : 
2.       a. Apa itu International Safety Management Code?
Jawab        : International Safety Management Code adalah standar Internasional manajemen keselamatan dalam pengoperasian kapal serta upaya pencegahan/pengendalian pencemaran lingkungan.
                b.Apa Tujuan dari ISM Code dan apa pula keuntungan diberlakukannya ISM Code di atas kapal?
  Jawab          : Tujuan dari ISM Code ad/ untuk memastikan keamanan dan untuk mencegah kecelakaan atau hilangnya nyawa manusia, dan juga untuk menghindari kerusakan terhadap lingkungan, khususnya lingkungan laut, dan harta benda lainya.
                    Keuntungan memberlakukan ISM Code di atas Kapal :
                 - Meningkatkan kesadran akan keselamatan dan ketrampilan personil management   keselamatan.
                      -Pembentukan budaya keselamatan yg mendorong peningktan secara terus menerus dlm keselamatan yg mendorong peningkatan secra terus menerus dlm keselamatan dan perlindungan lingkungan.
                      -kepercayaan klien yg lebih besar.
                      - meningkatan ketahanan mental perusahaan.
                      -menjadikan kapal sebagai tempat bekerja yg aman bagi pelaut
                      - mengurangi angka kecelakaan dan pencemaran lingkungan.
3. Apa yang dimaksud dengan Resi Muallim, Konosemen dan Manifest?
Jawab         : Resi Muallim adalah sebagai bukti diterimanya barang tertentu di kapal ditanda-tangani oleh Mualim I setelah satu partai selesai dimuat dan semua tally slips diteliti.
Konosemen  adalah akta tertanggal dalam mana pihak Pengangkut menerangkan telah menerima barang-barang tertentu untuk diangkut kesuatu tempat / alamat tertentu untuk menyerahkan barang-barang tersebut kepada seorang tertentu dengan disertai janji untuk penyerahannya “(akta = surat yang ditanda-tangani, sengaja dibuat untuk tanda bukti tentang adanya perbuatan tertentu).
Manifest adalah daftar dari semua barang yang ada di kapal untuk diangkut ke suatu pelabuhan tujuan (pembongkaran)
                b.Apa Fungsi dari Konosemen itu?
          Jawab :  -  Tanda bukti penerimaan (receipt), baik untuk Shipped BIL maupun Received BIL selalu diperlukan sebagai bahan pembuktian pengakUan pihak Pengangkut bahwa barang telah diterima dan telah berada dalam perwaliannya
        -          Bukti persyaratanpengangkutan (evidence of the terms of the contrac of affieightment) antara pihak pengangkut dengan pengirim (shipper) dan sifat janji / kesanggupan untuk mengangkut tercermin pada klausa “Shipped onboard... ...and to be discharged at the aforesaid port ...”, walaupun tidak ada dokumen yang dibuat bersama, namun secara· praktis konosemen yang ditetapkan sepihak merupakan perjanjian pengangkutan (contract of transportation) yang mengikat;
        -          Tanda bukti hak milik (document of title), konosemen mempunyai sifat kebendaan dimana setiap pemegangnya berhak menuntut penyerahan barang tersebut di kapal mana saja barang itu berada (pasal 510 KUHD), dalam konosemen pihak Pengangkut menyepakati untuk mengangkut barang ke pelabuhan tertentu dan menyerahkannya bukan saja kepada pengapal / pengirim, tetapi juga kepada “shipper's order” atau “named consignee” sehingga kedudukan konosemen adalah mewakili barang-barang (representative of the goods), yaitu dengan mengendors dan mengalihkan oleh pemegang konosemen berarti juga mengalihkan hak milik atas barang-barang tersebut. Dalam transaksi perdagangan, dimana baik pihak penjual maupun pembeli mempunyai kepentingan masing-masing, kedudukan konosemen sangat menentukan dan dapat mempengaruhi kredibilitas Pengangkut (barang dijadikan jaminan konosemen);
        -          Sarana negosiasi (negotiable instrument), konosemen sebagai surat berharga dapat diperjual-belikan (pasal 508 KUHD).
c.Salah satu fungsi konosemen adalah “persyaratan pengangkutan barang melalui laut” Sebagai apa kapal disebutkan berkaitan dengan tanggung jawab?
Jawab        :
4.      a.Persyaratan apa saja yang harus dipenuhi kapal agar dapat dinyatakan laik laut berdasarkan UU Pelayaran No.17 Tahun 2008? Tuliskan minimal 5 !
                  Jawab :      Ada di buku,..
  b.Salah satu persyaratan agar kapal laik laut adalah telah memenuhi syarat keselamatan.Tulis minimal 4 hal-hal yang berkaitan dengan keselamatan tersebut !
Jawab       :
5.      a. Apa yang dimaksud dengan Lintas Damai
Jawab : Ada di buku
                  b. Persyaratan apa saja yang wajib dipenuhi dalam melaksanakan Lintas Damai tersebut ?
         Jawab       : Ada di buku


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar